0
Pembuatan Soal Online 
dengan Google Drive

Oleh: Amin Mungamar *)


Saat ini cloud computing sudah menjadi bagian kehidupan manusia modern. Secara definisi, cloud computing bisa diartikan sebagai penggunaan sumber daya komputasi (hardware dan software) yang diwujudkan dalam bentuk layanan yang bisa diakses melalui jaringan, di mana pengguna tidak perlu bersusah-susah memikirkan bagaimana menyediakan, mengelola software dan hardware tersebut.

Google sebagai salah satu perusahaan raksasa di dunia internet menyadari bahwa cloud computing  merupakan  layanan  yang  banyak  digunakan  orang.  Oleh  karena  itu  Google mengembangkan  beberapa  layanannya  dengan  berbasis  cloud,  diantaranya  Google  Drive.

Google Drive memfasilitasi penggunanya untuk membuat, menyimpan dan membagi  dokumen dengan  pengguna  lainnya.  Untuk  layanan  simpan, Google  Drive  memberikan  layanan penyimpanan gratisnya dengan kapasitas besar, yaitu 15 GB dan bisa ditambah dengan  kapasitas lebih besar dengan mengambil paket berbayar.

Sedangkan untuk data apa saja yang bisa disimpan di google drive?

Google mengklaim bahwa semua data bisa disimpan di Google Drive, mulai dari data document seperti: Hasil olah kata dari program sejenis Ms. Word, pengolah angka dengan menggunakan program Ms. Excel, presentation, software, sampai data multimedia seperti gambar, lagu mp3, video. Khusus untuk data  document (word, excel, presentation) bisa diedit langsung secara online karena google sudah menyediakan software pengolah kata, pengolah angka dan juga pembuatan presentasi secara online.

Pada kesempatan ini akan saya kupas berkaitan dengan pemanfaatan Google Drive dalam Pembuatan Soal Online.

Lebih lengkap tentang tulisan ini, silahkan anda baca tutorial lengkap membuat soal online dengan google drive update terbaru disini.

Post a comment

 
Top